Rabu, 07 Maret 2018

Mallet Finger/Baseball Finger


Mallet Finger
Definisi
Mallet finger adalah deformitas dari jari yang disebabkan oleh kerusakan pada tendon ekstensor jari. Biasanya disebabkan oleh bola atau benda lain yang mengenai ujung jari atau jempol dengan kekuatan yang besar untuk menekunya, kekuatan dari benda tersebut dapat membuat jari tertekuk dan memutuskan tendonnya, akibatnya ujung jari tidak bisa diluruskan.

Tanda dan Gejala
Mallet finger biasanya ditandai dengan ia tidak bisa meluruskan jarinyanya sendiri. Pada jari biasanya terdapat rasa nyeri, bengkak, dan memar, bahkan terkadang dapat mengenai pembuluh darah yang ditandai dengan adanya darah terkumpul dibawah kuku. Kuku juga bahkan bisa terlepas dari letaknya.


Diagnosis
Bisa dilihat dari gejala klinisnya, yaitu berupa jari yang tertekuk tidak bisa diluruskan kembali. Atau juga bisa dilakukan pemeriksaan X-ray.

Penatalaksanaan
Mayoritas dari mallet finger bisa diobati tanpa operasi. Bisa menggunakan es, dan jari di elevasi. Atau biasanya dengan metode RICE (Rest, Ice/Imobility, Compression, Elevation). Bisa juga dgunakan splint atau gips, dengan tujuannya adalah untuk menjaga ujung jari tetap lurus sampai tendon sembuh. Splint biasanya akan dipakai full-time selama 8 minggu.
Pembedahan bisa dilakukan jika ada fragmen tulang yang terlepas, bisa dilakukan tatalaksana berupa pemasangan pin, kabel, atau sekrup kecil digunakan untuk mengamankan fragmen tulang




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.