Rabu, 01 Februari 2017

Potensial Berjenjang pada Sel Saraf

Potensial berjenjang adalah awal mula dari potensial aksi. Dengan adanya potensial berjenjang dan potensial aksi ini, maka otot akan bergerak atau berkontraksi.

Potensial berjenjang dimulai karena adanya aktivitas listrik pada sel saraf yang diakibatkan oleh adanya perbedaan ion dari awal mulanya negatif menjadi lebih positif. Perubahan ion ion ini disebabkan oleh adanya permeabilitas membran yang berubah dikarenakan adanya saluran yang terbuka. Saluran ini ada 2 macam, 1) saluran bocor, yang terbuka setiap saat. 2) saluran berpintu, yang terbuka karena aktivitas tertentu (termal/panas, mekanis, voltase, kimiawi).

Saluran berpintu yang terbuka menyebabkan adanya ion ion masuk, terutama ion Na secara saluran berpintu voltase. Masuknya ion Na ini menyebabkan keadaan di dalam menjadi lebih positif atau depolarisasi, tetapi daerah sekitarnya tetap negatif atau polarisasi. Nantinya keadaan yang lebih positis ini meng-aktifkan daerah sekitarnya agar menjadi lebih positif juga (polarisasi). SInyal listrik yang menyalur lama kelamaan akan kehilangan daya dan akan berkurang terus hingga menjadi normal lagi, hal ini dikarenakan oleh saluran berpintu Na hanya ada 1 sehingga tidak cukup memberikan tenaga untuk berubah menjadi potensial aksi. Ini menyebabkan gerakan "kedutan" (bukan kedutan secara patologi) atau gerakan yang halus.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.