Sabtu, 28 Oktober 2017

Gangguan Makan

Gangguan Makan
    Eating disorders atau gangguan makan adalah istilah yang mengacu pada sekumpulan penyakit psikologis, yang biasanya ditandai dengan kebiasaan makan yang tidak normal. Gangguan makan melibatkan jumlah tidak normal pada makanan yang dikonsumsi (terlalu sedikit atau terlalu banyak), atau sikap tidak normal terhadap kegiatan makan atau makanan.
  • Anorexia nervosa: Gangguan makan ini ditandai dengan keinginan pasien untuk terlihat menjaga berat (sering kali tidak sehat) sehingga terlihat lebih menarik. Namun, persepsi pasien tentang berat badan sangat tidak realistis, ketakutan bertambahannya berat badan merupakan batasan dari obsesi ini, atau tidak menyadari implikasi hilangnya berat badan secara berlebih pada tubuhnya. Anorexia nervosa dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti amenore (terhentinya siklus menstruasi), tulang keropos, kehilangan integritas kulit, penyakit jantung, dan bahkan kematian.
  • Bullimia Nervosa: Gangguan makan ini melibatkan dua elemen: pesta makan (makan berlebih, yang dilakukan dalam satu waktu) yang diikuti dengan pembersihan, di mana pasien melihatkan sebagai bentuk ‘kompensasi’ dari makan berlebih. Pasien akan melakukan olahraga secara berlebihan, mencoba membuat dirinya muntah, menggunakan obat pencahar dan diuretik untuk mengosongkan usus
  • Gangguan makan berlebih atau Binge Eating Disorder (BED), adalah gangguan makan yang melibatkan makan berlebih yang muncul kembali, paling tidak seminggu sekali selama lebih dari tiga bulan. Pada masa ini, pasien akan merasa tidak berdaya, tidak dapat mengendalikan diri, dan merasa sangat bersalah. Penelitian menunjukkan BED dapat muncul pada individu yang beragam baik dari segi kelas sosial ekonomi dan rentang usia.
  • Other Specified Feeding, dikenali sebagai OSFED, istilah ini mengacu pada gangguan yang tidak memenuhi rangkaian kriteria yang ditetapkan DSM-5 pada gangguan makan di atas. Seseorang yang menderita OSFED umumnya menunjukkan perilaku dan pikiran yang terkait dengan anoreksia nervosa, gangguan pesta makan atau bulimia nervosa dengan beberapa sifat menyimpang atau berbeda. gangguan makan pada malam hari dan gangguan pembersihan termasuk ke dalam jenis OSFED.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.