Jumat, 19 Januari 2018

Cytomegalovirus

Cytomegalovirus
Etiologi
Virus CMV termasuk ke dalam golongan herpervirus memiliki materi genetic berupa DNA untai ganda, berukuran paling besar daripada herpesvirus lainnya, bentuk nukleokapsidnya adalah icosahedral, dan memiliki envelop yang diselubungi oleh glikoprotein yang spikes. Virus ini memiliki kecenderungan untuk menyerang sel fibroblast manusia saja.

Epidemiologi
Infeksi virus ini dapat ditemukan di seluruh dunia serta diduga berhubungan dengan kondisi sosioekonomi pasien (tingkat sosioekonomi rendah dan tinggal di negara berkembang memiliki prevalensi kejadian sebesar 90%). Risiko tertular melalui transfusi darah sebesar 1-5% sedangkan  risiko pendonor organ dengan kondisi seropositif CMV dapat menularkan ke resipien yang seronegatif sebesar 60-80%. Infeksi CMV kongenital di Amerika Serikat berkisar 1% dari seluruh bayi lahir dan diduga lebih tinggi di negara-negara berkembang.

Patogenesis
Virus ini disebarkan melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi seperti droplet, saliva, darah, air mata, semen, dan air susu ibu. Metode penularannya melalui kontak langsung dengan cairan-cairan tersebut seperti dari bayi melalui air susu ibunya, kontak seksual, transfusi darah, transplantasi organ, dan transplacenta dari ibu ke bayi yang dikandungnya.
Masa inkubasi virus ini sekitar 4-8 minggu, virus yang masuk ke pembuluh darah akan menuju sel fibroblast, bereplikasi dan menetap di dalamnya. Pada orang sehat jarang sekali timbul gejala akibat infeksi tersebut. Infeksi virus ini memicu aktivasi imunitas seluler. Namun pada orang dengan gangguan sistem imun dan bayi/anak maka akan menimbulkan manifestasi klinis yang lebih berat dan membahayakan.

Gejala Klinis
Umumnya pada orang dengan sistem imunitas yang baik, infeksi virus ini tidak menimbulkan gejala yang signifikan sehingga tidak mengetahui bahwa sudah terinfeksi virus tersebut, bila ada gejala maka gejala yang timbul amat ringan seperti:

  • Demam
  • Nyeri tenggorokan
  • Fatigue/letargi
  • Pembengkakan kelenjar
dan dapat menimbulkan sindroma mononukleosis dengan gejala seperti di atas ditambah dengan hepatitis dan hepatosplenomegali.
Namun pada orang imunitas yang rendah (bayi dan neonatus) dan orang dengan immunocompromised dapat menimbulkan gejala-gejala yang cukup signifikan.
Gejala pada bayi dan neonatus meliputi gejala kerusakan pada sistem saraf dan sistem retikuloendotelial seperti retardasi mental, jaundice, hepatosplenomegali, trombositopeni, mikrosefali, ketulian sejak lahir dan retinitis. Bayi yang tertular perinatal dapat mengalami kerusakan tersebut dalam jangka waktu 2 tahun paska infeksi.
Gejala pada orang dengan imunokompromi paling banyak adalah infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia, bronkiolitis, dan pneumonitis. Gastroenteritis dan retinitis yang berkembang menjadi kebutaan juga ditemukan pada infeksi pada pasien HIV yang tidak ditangani

Diagnosis dan diagnosis banding
Diagnosis melalui gejala klinis sangat sukar ditegakkan karena rata-rata orang yang terinfeksi tidak menimbulkan gejala yang khas. Diagnosis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan serologis terhadap antibodi yang diproduksi akibat keberadaan antigen virus tersebut, pemeriksaan serologis yang biasa dikerjakan adalah ELISA IgM dan IgG. Selain itu dapat pula dilakukan PCR dan isolasi virus pada sel fibroblast yang terinfeksi. Diagnosis banding dari infeksi CMV ialah infeksi rubell kongenital, infeksi herpesvirus, infeksi toksoplasma, infeksi Epstein-Barr virus, dan infeksi hepatitis A,B, atau C.

Tatalaksana
Pemberian antivirus seperti Gensiklovir diteliti dapat memberikan efek terapi yang cukup signifikan pada pasien HIV yang terinfeksi CMV. Gensiklovir juga dapat mengontrol kerusakan pendengaran pada infeksi CMV perinatal. Vaksin untuk infeksi ini masih dalam tahap penelitian dan perkembangan.

Sumber:

Share:

1 komentar:

  1. I'M TOTALLY FREE FROM HERPES VIRUS/HIV/AIDS
    HIV/Herpes is a serious and recurring condition that cannot be cured by drugs or injections. But the best way to fight and get rid of the herpes virus permanently is to take natural herbal remedies, I read about DR JAMES, the great herbal Doctor, who cures people of HIV with his powerful herbal mix medicine and spiritual healing. I contacted him to find out how he could help me, and he told me never to be worried that he would help me with the natural herbs' medicine! After 2 days of contacting him, he told me the medicine is ready, and he sent it to me via DHL COURIER SERVICE and it got me in 3 days! I used the medication as he prescribed for me (MORNING and EVENING) and I was cured! It's really like a dream, but I'm so happy! For people suffering from the following diseases Alzheimer disease, Eczema, Shingles, MS, Bulbous Pemphigoid, Diabetes, cancer, PCOS, hypothyroidism, vaginal rashes, Herpes, COPD, HIV, arthritis, HPV, liver disease, autoimmune diseases, Parkinson's disease, Lupus Schizophrenia, Autism, Bipolar disorder, Infertility Get your EX back, Enlargement of Breast, Penis, Butts. And more should contact him for his herbal medicine, because I am a living witness, and I was cured of herpes virus. And DR James' medicine is legitimate. I sent him what he asked for, and he sent me his medication which I took for 2 weeks and today I am here with a negative result. When I went for the test, I was so happy after I took his herbal mix medicine. CONTACT DR JAMES FOR A PERMANENT CURE Email: DRJAMESHERBALMIX@GMAIL.COM.
    He's a good man and he will help you

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.